Sabtu, 29 Maret 2014

Proses Menjadi Warga yang Baik

Kalian tentu akrab dengan pantun itu. Pantun itu merupakan nasihat bagi siapa pun agar selalu ingat bahwa keberhasilan merupakan sebuah proses, bukan sesuatu yang datang tiba-tiba tanpa hadapan. Kalian sekarang melanjutkan tahap pendidikan kesekolah menengah atas (SMA), madrasah aliyah (MA), sekolah menengah kejuruan (SMK), dll karena telah berhasil menempuh tahap pendidikan sebelumnya di sekolah menengah pertama. Agar pendidikan kalian di SMA , MA, SMK, atau MAK ini berhasil, kalian perlu mengikuti tahapan proses belajar dengan sebaik-baiknya di lingkungan sekolah. Kalau di lingkungan rumah dan masyarakat, kalian juga mengikuti setiap proses yang berlaku, hidup kalian tentu selalu berhasil.

Sebagai warga yang baik, kalian perlu hidup berdampingan dengan sesama dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Dalam hal itu, kalian perlu memiliki perilaku sehari-hari yang mencerminkan kesadaran hukum, yaitu kesadaran akan nila-nilai yang terdapat dalam diri manusia mengenai hukum yang ada atau kesadaran akan adanya perilaku yang diatur dengan hukum. Pada konteks bermasyarakat dan bernegara itu, setiap warga negara Indonesia wajib mematuhi hukum. Dengan kata lain, setiap orang Indonesia hendaknya berperilaku sesuai dengan ketentuan huku. Pada konteks bermasyarakat secara global pun, setiap orang merupakan warga dunia yang hendaknya dapat beradaptasi dengan tata peraturan pergaulan internasional.

Kesadaran hukum yang dimilikin setiap orang tercermin pada berbagai aspek kehidupan. Beerikut ini adalah contoh-contoh kesadaran hukum. Penduduk Indonesia yang sadar hukum tentu harus mempunyai kartu tanda penduduk (KTP) bagi yang berumur 17 tahun ke atas; pengendara kendaraan bermotor harus mempunyai surat izin mengemudi (SIM); dan orang yang yang berpergian ke negara lain harus mempunyai paspor atau visa.

Dalam kaitan dengan aspek warga yang baik untuk mengikuti tahapan dalam suatu sproses, kalian akan mengeksplorasi teks prosdur kompleks. Akan kalian ketahui bahwa teks prosedur berisi langkah0langkah aau tahap-tahap yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan.Terdapat banyak kegiatan di sekitar kita yang harus dilakukan menurut prosedur. Jika kalian tidak mengikuti prosedur itu, tujuan yang di harapkan tidak tercapai dan kalian dapat dikatakan sebagai orang yang idak mengetahui aturan.

Contoh prosedur yang baru-baru ini kalian tempuh adalah proses pada saat kalian mendaftar ke SMA, MA, atau SMK tempat kalian blajar ini. Apakah kalian ingat apa yang harus dilakuakan saat itu? Persyaratan tertentu apa yang harus kalian penuhi dan langkah-langkah apa yang apa yang harus kalian tempuh? Apabila pada saat itu syarat-syarat tidak kalian penuhi dan langkah-langkah yang diminta tidak kalian tempuh, tujuan kalian untuk masuk ke sekolah ini tidak akan tercapai. Hal yang kalian tulis atau ceritakan secara lisan, teks yang tercipta tergolong ke dalam teks prosedur komleks.


1 komentar:

  1. Jangan lupa meninggalkan komentar anda di blod ini ya...
    Terimakasih :)

    BalasHapus

terimakasih atas komentara anda :)